Edmuku.id, 30 Jan 2021

Alasan Kenapa Perlu Kuliah di Luar Negeri

Memutuskan meninggalkan negara asal dan belajar di luar negeri adalah langkah besar. Calon mahasiswa mungkin bertanya-tanya apa manfaat lepas dari kenyamanan rumah untuk kemudian pindah ke negeri lain, juga belajar di universitas internasional.

 

Ditambah lagi, belajar di luar negeri saat ini sudah menjadi fenomena global. Mereka melintasi negara, benua, dan bahkan lautan untuk mendapatkan pendidikan terbaik. Faktanya, langkah tersebut memiliki manfaat luar biasa, dari mulai membantu menemukan pekerjaan terbaik hingga meningkatkan kehidupan sosial.

 

Di sisi lain, para siswa juga jadi memiliki pengalaman luar biasa ketika sedang belajar di luar negeri. Jadi, mengapa tidak mempertimbangkan untuk keliling dunia dan mencoba pendidikan di negeri lain? Berikut alasannya!

 

Berlatih Mandiri

Meskipun universitas manapun menawarkan pengalaman dan memberikan kesempatan sama untuk menjadi pribadi profesional. Namun, seringkali usai lulus mereka tidak dapat mengenali potensi penuh yang dimiliki. Oleh sebab itu, ada masa di mana sulit untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar dunia akademis.

 

Ketika di negara lain, murid akan mendapatkan keterampilan penting, yakni mandiri. Mereka harus mencari tempat tinggal, belajar Bahasa, menjelajah hingga membuat anggaran dengan mata uang asing. Ketika kembali ke tanah air, ini sangat berguna karena sudah terlatih mengerjakan segalanya secara independen.

 

Mengenal Budaya Baru

Dalam peradaban yang semakin maju, komunikasi lintas budaya menjadi keterampilan penting. Namun, karena tidak diajarkan dalam buku teks, maka diperlukan praktik secara langsung guna menguasainya.

 

Belajar di luar negeri akan memberikan pelajaran berharga terkait mengenal budaya-budaya baru. Tidak hanya itu, mereka juga akan mengenal kondisi politik, Bahasa, kebiasaan dari lingkungan di sana. Ini sangat membantu dalam memahami pandangan dunia yang majemuk, sekaligus memberikan skill mengekspresikan diri.

 

Menonjol Saat Memasuki Dunia Kerja

Dengan pengalaman internasional di-resume membuat seseorang lebih percaya diri, dewasa dan membawa keterampilan praktis. Selain itu, juga meningkatkan pemikiran kritis serta problem solving skill yang berguna ketika memasuki dunia kerja.

 

Memperluas Pengetahuan

Belajar di luar negeri memberikan peluang besar bagi siswa untuk mengenal pengetahuan lebih luas. Langkah tersebut juga sebagai pembuka jalan baru mengejar minat. Misalnya saja, siswa belajar di universitas dengan para tenaga pendidikan profesional di bidangnya. Kemudian akses ke perpustakaan terlengkap, pemandangan seni mutakhir, teknologi maju, dan semuanya yang memberikan kontribusi baik bagi pemahaman terhadap materi pelajaran yang tengah ditekuni.

 

Menjelajahi Diri

Dalam kehidupan, adakalanya bertanya-tanya apa yang membuat Anda menjadi diri sendiri. Ketika pindah ke luar negeri untuk belajar, akan diberi kesempatan melihat dunia. Semuanya dengan cara yang benar-benar baru. Pelajar internasional mengakui bila hal ini berdampak besar pada perkembangan pribadi.

 

Banyak pemikiran, konsep, dan gagasan yang biasanya dianggap biasanya saja, namun pada kenyataannya menjadikan identitas diri. Nantinya juga akan dihadapkan dengan teman-teman dari negara lain yang ternyata memiliki pengalaman berbeda. Namun, itu semua menjadi pemersatu dan membentuk persahabatan.

 

Memperluas Jaringan ke Seluruh Dunia

Sebagai murid mancanegara, secara otomatis telah masuk menjadi anggota dari jaringan siswa internasional. Seringkali, kampus mengadakan acara khusus untuk mereka, kemudian memberikan kesempatan menjalin pertemanan baru.

 

Ketika belajar di luar negeri akan sangat mudah mendapatkan teman baru dari setiap benua. Kalian berada dalam visi misi yang sama, saling bersemangat, sedikit kikuk saat awal bertemu, namun siap menjalin pertemanan. Meskipun nantinya telah lulus, biasanya para alumni dari berbagai negara tetap saling berhubungan.

 

Belajar di luar negeri memberikan banyak manfaat. Tidak hanya soal menambah pengetahuan dari bidang yang dipelajari, tetapi juga meningkatkan kemampuan sosialisasi, komunikasi, dan berbudaya.