Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Pemula Pada Saat Interview Kerja

Edmuku.id, 09 Nov 2020

Share

Interview ialah salah satu bagian dari rekrutmen. Tahap ini dinilai sangat berarti sebab industri bisa mengenali secara langsung kepribadian, visi misi sampai motivasi dari calon karyawan.

Proses wawancara memerlukan waktu yang tidak sebentar. Karena Kamu hendak dihujani dengan bermacam- macam persoalan seputar pengalaman, impian, kehidupan serta masih banyak lagi yang lain. Belum lagi wajib bersaing dengan puluhan ataupun apalagi ratusan orang. Meletihkan memanglah, oleh karena itu perlu persiapan ekstra buat menghadapinya.

Tetapi demikian, terdapat sebagian kesalahan di proses dini wawancara yang kerap dicoba oleh pencari kerja. Apa saja serta gimana solusinya?

 

Tiba terlambat

Bagian yang tidak kalah berarti dikala interview merupakan soal ketepatan waktu. Perilaku disiplin ataupun tidaknya menggambarkan gimana kepribadian kamu yang sesungguhnya. Di sisi lain, perilaku menghormati serta menghargai sangat diperlukan buat mendapatkan pekerjaan.

Sebaiknya tidur lebih dini dikala malam supaya dapat bangun tepat waktu. Persiapkan keseluruhan yang diperlukan sebelum berangkat serta makan pagi seperlunya sebab proses interview memerlukan waktu lama. Tiba di posisi minimun 30 menit sebelum wawancara dimulai.

 

Tampang tidak tertarik

Kesempatan kerja dimanfaatkan pencaker buat memperoleh pekerjaan, entah cocok bidangnya ataupun tidak. Namun saat sebelum memutuskan buat mengirimkan pesan lamaran ataupun klik apply, pastikan kamu telah mengenali dengan jelas posisi, jobdesk sampai data industri yang hendak dilamar.

Acapkali rasa tidak tertarik timbul dikala mengenali industri serta jobdesk yang dideskripsikan oleh HRD. Perihal inilah yang dapat mengurangi atensi serta semangat dikala mengawali interview.

Walaupun berbeda dengan yang ditulis di iklan ataupun diinformasikan, paling tidak tunjukkan atensi. Tahu tentang posisi yang dilamar serta jobdesk apa yang nanti dicoba. Perilaku bersungguh- sungguh mempunyai nilai plus tertentu.

 

Kurang paham soal deskripsi pekerjaan

Bila memanglah belum berpengalaman serta tidak mengenali dengan pasti tentang deskripsi pekerjaan yang dilamar, sebaiknya bertanya ataupun browsing. Memenuhi tiap persyaratan yang dibutuhkan supaya tim rekrutmen tertarik. Lalu analisis deskripsi pekerjaan dengan teliti.

Disaat wawancara berlangsung, jawablah deskripsi pekerjaan cocok dengan yang dikenal. Tambahkan pula cerita menarik dan keahlian yang relevan dengan jobdesk tersebut.

 

Kurang menguasai pertanyaan

Acapkali persoalan,“ Apa yang Kamu tahu tentang kami”, ataupun“ Kenapa mau bekerja di perusahaan ini?” timbul. Pencaker terbuat terkecoh dengan persoalan yang sederhana, namun menjebak itu.

Persiapkan jawaban atas persoalan tersebut dengan baik. Yakinkan buat katakan sejujurnya tentang keahlian dan kulik data seputar industri tadinya.

Pembahasan di atas ialah tahapan dini dari proses interview. Bagikan kesan baik buat memperolah pekerjaan yang di idamkan. Selamat berupaya! (AL)

Tags :
interview kerja
lamaran
lowongan kerja